Rangkuman Algoritma dan Pemograman Kelas 7
Bab 7 Algoritma dan Pemrograman
Tujuan Pembelajaran:
Setelah mempelajari bab ini, kalian akan mampu menjelaskan lingkungan pemrograman blok/visual dan membuat atau memodifikasi program blok untuk tujuan tertentu sesuai contoh.
Makin banyak sistem/aplikasi/games/program yang digunakan oleh orang pada umumnya.
Bagaimana membuat semuanya itu?
Video inpirasi: https://Scratch.mit.edu/projects/editor/?tutorial=getStarted
Algoritma adalah urutan langkah yang dibuat untuk menyelesaikan tugas
tertentu. Salah satu contoh sederhana algoritma adalah langkah untuk
membeli tiket bioskop secara langsung. Langkahnya, yaitu: kalian perlu
menuju bioskop, memilih film yang ingin ditonton dan jadwalnya, lalu antre
di loket tiket, lalu memilih posisi kursi bioskop beserta jumlah tiketnya,
membayar total tiket, dan tiket diterima dari pegawai. Algoritma dibuat
untuk dapat dipahami oleh manusia dan juga komputer.
Algoritma akan diterjemahkan menjadi kode program untuk memberikan
urutan instruksi pada perangkat komputer. Algoritma dan pemrograman yang
mengatur jalannya sistem komputer, membawa masyarakat berkomunikasi
dengan cara yang baru dan membantu menyelesaikan beberapa masalah
lainnya. Proses untuk membuat program yang efisien dan efektif memerlukan
pemilihan informasi yang tepat untuk digunakan, bagaimana memproses
dan menyimpannya, menyelesaikan permasalahan besar menjadi kasus yang
lebih kecil, mengombinasikan solusi-solusi yang sudah ada sebelumnya, dan
mencoba analisis solusi baru lainnya.
Pemrograman adalah proses mengembangkan program, perangkat lunak
komputer, aplikasi, dan situs web. Saat ini, komputer tidak dapat berpikir
sendiri. Komputer hanya menjalankan perintah yang diberikan kepadanya
atau yang sudah tersimpan dan siap dijalankan. Komputer meminta pengguna
untuk memberi serangkaian instruksi yang diperintahkan untuk mengetahui
apa yang harus dilakukan. Perintah yang dipahami oleh komputer disebut
sebagai 'kode'. Pemrograman adalah elemen inti dari kurikulum Informatika
karena membantu kalian untuk mengembangkan keterampilan penting
seperti penyelesaian masalah, logika, dan berpikir kritis.
Di kelas VII, kalian akan belajar pemrograman visual, yang juga dikenal
sebagai pemrograman berbasis blok. Pemrograman visual adalah sebuah
bahasa pengkodean yang memungkinkan kalian untuk membuat program
dengan menyusun elemen visual secara grafis, bukan menuliskannya dalam
bentuk teks. Elemen visual dalam pemrograman visual berbentuk blok
grafik yang dapat disusun untuk membentuk program. Setiap elemen visual
merepresentasikan pernyataan atau struktur kontrol. Dengan pemrograman
visual, memprogram menjadi seperti ketika kalian menyusun balok atau lego
untuk membangun gedung, kapal terbang, atau lainnya. Akan tetapi, hasilnya
bukan benda nyata, melainkan sebuah “program” yang kalau dijalankan, akan
memberikan efek menakjubkan, misalnya animasi atau bahkan game.
Seperti halnya di Indonesia ada beragam bahasa, pemrograman visual
juga menyediakan banyak bahasa pemrograman. Sebagai langkah pertama,
kalian akan mengenal sebuah bahasa pemrograman yang bernama “Scratch”
yang akan memungkinkan kalian membuat berbagai karya kreatif yang lucu.
Mengapa kita Perlu Belajar Programming?
Belajar programming (di dalamnya mencakup coding) diperlukan bukan hanya
untuk menjadi programmer (penulis program profesional). Programming
diperlukan dalam bidang apa pun, seperti halnya siapa pun perlu menulis.
- Informatika membangun keterampilan yang berguna untuk belajar bidangbidang lainnya termasuk matematika, sains, penyelesaian persoalan, bekerja dalam tim, pembelajaran berbasis proyek, seni kreatif, dan banyak lagi. Seperti yang dikatakan oleh Steve Jobs (pencipta komputer apple, yang sangat terkenal): "coding mengajari Anda cara berpikir."
- Belajar pemrograman sama bergunanya seperti belajar bahasa asing. Makin awal kalian memulai belajar suatu bahasa asing (bahkan jika kalian dilahirkan di suatu negeri asing), makin mudah untuk mempelajari dan menguasai bahasa asing tersebut. Bedanya ialah bahwa bahasa pemrograman dirancang agar kalian dapat memerintahkan komputer melakukan apa yang kalian rancang.
- Zaman sekarang, dan di masa mendatang, diprediksi akan banyak sekali lapangan kerja yang membutuhkan kemampuan programming di seluruh dunia. Pemrograman komputer mengajarkan keterampilan praktis yang relevan dengan pasar tenaga kerja saat ini dan masa mendatang.
- Pertumbuhan kebutuhan tenaga kerja di bidang lain yang membutuhkan kemampuan programming selalu meningkat. Jika kalian mampu memprogram, kalian akan mudah bekerja di mana pun.
- Informatika adalah ilmu yang terpakai di semua bidang karena semua bidang akan membutuhkan komputer. Komputasi menggerakkan hampir setiap industri dari pendidikan hingga pertanian, dari hukum hingga bisnis, dan dari konstruksi hingga obat-obatan. Perangkat lunak (program komputer) berada di balik semua ini.
- Coding adalah seni terbaru dan membuat kalian akan berkreasi tanpa batas. Banyak seniman saat ini membuat karya-karya dibantu dengan program komputer.
Pertama-tama, kalian akan dikenalkan dengan lingkungan pemrograman
yang akan dipakai. Pengenalan lingkungan pemrograman itu bisa langsung
dari internet secara online, dengan komputer atau gawai yang sudah disiapkan,
atau tanpa komputer. Memang, akan lebih asyik jika ada komputer karena
kalian akan bermain blok dan membuatnya bisa berperilaku seperti yangkalian rancang dalam programnya (susunan bloknya). Jika tidak ada komputer,
guru kalian akan mengatur menjadi permainan, di mana ada sebagian siswa
yang akan menjalankan perintah seolah-olah dia adalah komputernya. Blok
akan disusun dalam bentuk kartu yang secara keseluruhan akan membentuk
sebuah program, yaitu “skenario” tindakan yang akan dieksekusi (dijalankan).
Kalian akan belajar pemrograman lewat contoh yang diberikan. Tentu,
mula-mula, kalian akan mencontoh karena baru belajar pertama kali. Namun
ingat, bahwa itu hanya contoh. Dengan modal contoh yang diberikan, kalian
dapat berkreasi untuk membuat program sesuai imajinasi kalian. Seperti
halnya jika kalian diminta membuat rumah dengan balok, setiap anak atau
setiap kelompok boleh membangun rumah dengan bentuk, warna, gaya
yang disukai. Pemrograman juga memungkinkan kalian membuat berbagai
variasi dari contoh yang diberikan. Jika fasilitas memungkinkan, kalian dapat
memotret blok hasil karya kalian, memvideo hasil eksekusinya, atau lainnya
walaupun tidak diminta. Namun, fokus lebih dulu untuk menyelesaikan tugas
yang diminta oleh guru kalian.
Scratch
Selamat mencoba dan berkarya! Jangan lupa untuk mencatat hasil karya
kalian di jurnal kegiatan, ya. Yang akan dilakukan saat pertama menggunakan
Scratch adalah membuat akun sehingga hasil karya dapat tersimpan.
Aktivitas yang akan kalian lakukan menggunakan aplikasi Scratch yang
dapat diakses secara online maupun di-install langsung di komputer kalian.
Untuk akses online, dapat melalui halaman: https://scratch.mit.edu/. Instalasi
aplikasi dapat mengunduh terlebih dulu aplikasinya melalui halaman: https://scratch.mit.edu/download.
Scratch dibuat oleh MIT Media Lab, sebuah tim dari Massachusetts
Institute of Technology. Dengan Scratch, kalian dapat mengembangkan
sebuah program sederhana berisi cerita, games, maupun animasi interaktif
sesuai kehidupan sehari-hari. Program sederhana ini dibuat dari susunan
blok-blok yang menghasilkan tampilan visual sesuai blok tadi. Hasil karya
Scratch juga dapat dibagikan dalam komunitas online. Kalian dapat mengasah
kemampuan berpikir kreatif, mampu memberikan alasan secara sistematis,
dan berkolaborasi yang merupakan kemampuan penting dalam hidup
bermasyarakat saat ini
https://scratch.mit.edu/about
Video pengantar:
https://scratch.mit.edu/about
Guru kalian akan menentukan apakah kalian akan bekerja online atau menggunakan program Scratch yang sudah disediakan.
Mantab omJay, bermanfaat
ReplyDeleteMantap suaranya jelas
ReplyDelete