Ringkasan Algortima dan Pemrograman Kelas 8
Tujuan Pembelajaran:
Setelah mempelajari bab ini kalian mampu untuk melanjutkan pemrograman dengan Scratch dan mengenal bahasa/tools baru yang sejenis dengan Scratch yang disebut Blockly, dimana Blockly lebih dekat ke bahasa pemrograman prosedural.
Pertanyaan Pemantik.
Bermain itu memang asyik dan menyenangkan. Apakah saat bermain games kalian memetik pelajaran dari permainan ? Ada beberapa permainan yang juga dapat mengasah kemampuan pemrograman, salah satunya adalah Blockly Games. Berbagai konsep dasar pemrograman seperti percabangan dan perulangan dapat kalian pelajari melalui games tersebut. Bagian mana yang paling menarik dan menantang?
https://blockly.games/puzzle?lang=en
Instruksi-instruksi ini tersusun dari
berbagai komponen seperti variabel, ekspresi logika, percabangan, perulangan,
dan lain-lain.
Komponen tersebut diwujudkan menjadi blok visual, dan dikenalkan
melalui pemrograman visual seperti Scratch dan Blockly.
Komponen-komponen
ini dapat disusun dengan mudah melalui blok-blok yang dapat di-drag-and-drop,
dan saat dijalankan, program dapat dikontrol serta bereaksi terhadap tindakan
pengguna.
Kata Kunci:
Pemrograman visual; algoritma; pemrograman; Scratch; Blockly;
pemrograman prosedural, variabel, input, output, ekspresi aritmatika, ekspresi
logika, percabangan; perulangan.
Pemrograman yang dipelajari pada kelas VIII ini akan menggunakan
Scratch dan Blockly, ditambah dengan Robot Ozobot apabila memungkinkan.
Di kelas VII, kalian sudah belajar tentang dasar Scratch dan sekarang di
kelas VIII, akan dimulai dengan lanjutan Scratch, sebelum melanjutkan ke
penggunaan tools baru yang sejenis bernama Blockly.
Comments
Post a Comment